Gonore, Sifilis dan Penyakit Menular Seksual Lainnya

Karakteristik Umum Penyakit Alergi

Penyakit menular seksual (penyakit kelamin) adalah infeksi yang tertular melalui kontak seksual intim. Setelah terbentuk, penyakit menular seksual seperti gonore dan sifilis dapat menyebar dan menyebabkan kerusakan tubuh yang serius. Penting untuk membuat janji dengan dokter segera jika Anda mencurigai bahwa Anda telah mengontrak – atau menjadi sasaran – jenis penyakit ini. Jika ternyata Anda terinfeksi, Anda harus menjauhkan diri dari kontak seksual hingga dokter memberi tahu Anda bahwa Anda tidak lagi menular. Anda juga perlu memberi tahu pasangan seksual Anda agar mereka dapat diperiksa dan diobati juga, apakah mereka memiliki gejala.

Meskipun gonore dan sifilis adalah penyakit menular seksual yang paling parah, ada sejumlah penyakit lain yang menyebabkan rasa tidak nyaman atau malu. Misalnya, kutil kelamin bisa sangat menyakitkan. Kutu kemaluan (kepiting) menyebabkan gatal.

Gonorea

Gonore adalah infeksi bakteri, dan sangat menular. Diperkirakan 2,5 juta orang Amerika menangani penyakit ini setiap tahun.

Gejala-gejala gonore biasanya muncul dalam beberapa minggu setelah infeksi. Pada pria, gejala-gejala ini termasuk keputihan putih ke kuning-hijau, rasa sakit yang membakar saat buang air kecil dan dalam, sakit yang menyakitkan atau stres pada alat kelamin. Pada anak perempuan, mungkin ada rasa sakit dan sering buang air kecil, dalam, sakit di perut bagian bawah dan, jarang, keputihan. Gonore faring (di tenggorokan dan mulut) dapat menyebabkan sakit tenggorokan; gonore dubur kadang-kadang menyebabkan rasa tidak nyaman di daerah sekitar anus dan keluarnya cairan kecil. Namun, pada 10 hingga 20% pria dan hingga 80 persen wanita, tidak ada gejala yang dirasakan sama sekali.

Tidak diobati, gonore umumnya mempengaruhi uretra pada pria, yang membuat buang air kecil sangat menyakitkan dan sulit; dapat berkembang menjadi obstruksi kronis dan infertilitas. Pada wanita, penyakit ini bisa menyerang saluran tuba dan organ panggul lainnya (penyakit radang panggul), menyebabkan rasa sakit, demam dan, sangat mungkin, infertilitas. Risiko infertilitas meningkat dengan masing-masing penyakit: 75 persen wanita yang memiliki tiga penyakit yang melibatkan organ panggul tidak subur. Pada kedua jenis kelamin, gonore yang tidak diobati dapat menyebabkan artritis, atau infeksi bakteri umum yang melibatkan jantung dan sistem saraf. Ketika seorang wanita memiliki gonore aktif pada saat pengiriman, bayinya dapat mengembangkan kebutaan permanen Penyakit kelamin.

Untungnya, setelah didiagnosis, gonore dapat diobati dengan cepat dan efektif dengan antibiotik.

Diagnosis gonore dapat dilakukan dengan evaluasi mikroskopis dari keputihan atau apusan serviks; atau, lebih tepatnya, oleh budaya yang membutuhkan waktu dua minggu untuk berinkubasi. Kultur harus diulang satu minggu setelah terapi.

Sipilis

Sifilis disebabkan oleh organisme yang disebut spirochete yang menyebar melalui kontak seksual. Sekitar 20.000 kasus setiap tahun dilaporkan ke otoritas kesehatan Amerika Serikat, tetapi sangat mungkin bahwa beberapa ribu lagi tidak dilaporkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *